Searching...
Breaking News
Loading...
Thursday, November 28, 2013

Makalah : Kemacetan yang terjadi dijakarta

assalamu'alaikum, sudah lama ga nulis nih...
iseng-iseng pingin nulis tentang makalah, walaupun judul nya basi, tapi semoga bermanfaat.
awal nya sih bantu warna negara asing (WNA) yang tinggal di indonesia, kemudian belajar bahasa indonesia dan budaya  indonesia.

nah, ceritanya nih si om Korea ini kuliah bahasa indonesia di UNIVERSITAS INDONESIA (UI), dan dapat tugas penulisan makalah atau presentasi dalam bahasa Indonesia, untuk kelulusan nya.

tapi do'i bingung, makanya minta tolong sama saya, sebisa yang saya mampu ya saya bantu aja... tapi intinya sih ini yang saya tulis cuma salah satu cara mempresentasikan materi makalah seperti yang dah saya alami di kampus.

mudah-mudahan bule-bule yang lain (WNA) bisa terbantu dengan tulisan ini, ok langsung aja contoh nya nih :



Selamat Pagi -  Siang – Sore – Malam
Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak/Ibu Pembimbing dan teman-teman semua yang hadir disini, atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan tentang permasalahan yang akan saya bahas.
Disini saya akan mempresentasikan atau membahas tentang “Permasalahan Kemacetan yang terjadi di Kota Jakarta” mungkin masalah kemacetan sudah tidak asing lagi kita dengar yah? Karena sudah merupakan hal yang selalu saja kita alami setiap harinya.
Maksud dan tujuan saya membahas masalah kemacetan ini adalah, untuk menjelaskan permasalahan kemacetan yang sering terjadi dan dampak negatif yang ditimbulkan.
Dengan tujuan, diharapkan nantinya dapat memberikan langkah-langkah atau solusi pemecahan dari masalah kemacetan yang sering terjadi.
Kenapa bisa terjadi kemacetan? Disini saya akan mencoba untuk menyampaikan dan membahas mengapa kemacetan bisa terjadi? Ok, sebelum nya perlu kita ketahui terlebih dahulu apa itu kemacetan?
Kemacetan adalah, situasi dimana kendaraan tidak dapat bergerak atau tersendat yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan.
Dampak negatif dari terjadinya kemacetan itu diantaranya adalah :

1.  Kerugian waktu, mengapa? karena kecepatan perjalanan yang rendah. Bila terjadi kemacetan pasti kita akan rugi waktu yang seharusnya 60 km = 1 jam, bila terjadi kemacetan bisa 10 - 20 km = 1 jam, sehingga yang seharusnya kita bisa menyelesaikan 2 urusan di tempat yang berbeda dalam 1 hari bila macet kita hanya bisa menyelesaikan 1 urusan dalam 1 hari.

 2.      Pemborosan energi, karena pada keadaan macet konsumsi atau penggunaan bahan bakar lebih tinggi atau lebih banyak, jadi boros.
3.      Meningkatkan polusi udara, karena pada keadaan kecepatan rendah penggunaan energi akan meningkat dan mesin tidak beroperasi dengan keadaan yang optimal. Pembakaran akan menghasilakn karbondioksida sehingga akan menimbulkan polusi udara.
4.      Meningkatkan stress pengguna jalan, apalagi jika kita harus terburu-buru untuk menghadiri suatu pertemuan penting.

5.      Kemudian yang kelima adalah mengganggu kelancaran kendaraan darurat, seperti mobil ambulan dan mobil pemadam kebakaran.
seandainya ada mobil ambulan yang sedang membawa pasien untuk segera dibawa ke-rumah sakit atau mobil pemadam kebakaran yang harus segera memadamkan api di lokasi kebakaran, tentu akan sangat terhambat oleh situasi kemacetan ini.


Kemudian solusi atau langkah apa yang harus kita tempuh untuk menghindari atau menghilangkan situasi kemacetan yang terjadi? Salah satu diantaranya adalah :
1.      Melakukan pelebaran jalan, jika memungkinkan pelebaran jalan dilakukan akan lebih baik agar mempermudah atau memperlancar lalu lintas kendaraan yang melalui jalan tersebut.
2.      Merubah sirkulasi atau jalur kendaraan menjadi satu arah, contoh nya... jika biasanya jalur kendaraan itu bisa berlawanan arah dan ada pengguna jalan yang melewati batas jalan akan sangat mengganggu kendaraan yang datang dari arah berlawanan, kemudian di terapkan jalur kendaraan satu arah dan dibatasi oleh trotoar jalan, akan  sangat membantu kelancaran lalu lintas di jalur tersebut.
3.      Pengembangan layanan angkutan umum ditempat dan jam tertentu, misalnya didaerah padat kendaraan dimanfaatkan angkutan umum dan sedikit kendaraan pribadi yang melintas, akan memudahkan untuk mengurangi kepadatan kendaraan pada lokasi tersebut.
4.      Memperbanyak pembangunan jembatan layang, ini akan sangat membantu untuk mengatasi kemacetan yang terjadi karena akan ada ruang lebih untuk kendaraan agar bisa melintas dijalur tersebut.
5.      Penambahan jalur lingkar luar, untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dalam kota akibat tinggi atau banyak nya jumlah kendaraan.
6.      Pembangunan layanan kereta bawah tanah, bertujuan untuk mempermudah pengguna jalan atau pengguna transportasi jalur darat dan bermanfaat untuk mengurangi angka kepadatan penggunaan kendaraan. Kemudian juga bermanfaat untuk menghemat waktu perjalanan.
7.      Membatasi lalu lintas kendaraan berdasarkan plat nomor ganjil genap, misalnya pada hari senin kendaraan dengan plat nomor genap saja yang bisa melewati jalur tersebut. Kemudian, pada hari selasa kendaraan dengan plat nomor ganjil saja yang bisa melewati jalur tersebut. Hal ini diharapkan dapat mengurangi angka kepadatan kendaraan.
8.      Pembatasan jalur kendaraan sepeda motor, mengapa ? karena seperti yang kita ketahui jika di jalur padat kendaraan terkadang ada pengguna kendaraan sepeda motor yang mengemudi ugal-ugalan sehingga menggangu kendaraan roda empat. Atau bahkan ada yang mogok hingga berhenti hal ini tentu bisa menimbulkan kemacetan karena adanya kendaraan yang terhenti.
9.      Bajai dilarang melintasi jalur pusat kota, hal ini juga bertujuan untuk mengurangi angka kepadatan kendaraan di jalanan ibu kota karena bajai terkadang suka mengemudi ugal-ugalan,mogok sehingga menggangu kelancaran arus lalu lintas.
10.  Kendaraan Tahun lama dilarang masuk ke pusat kota, sama hal nya dengan bajai kendaraat tua juga dilarang untuk melintasi jalur ibu kota karena di khawatirkan terjadi nya mogok dijalan dan dapat menimbulkan kemacetan.
11.  Menambah atau memperbanyak sukarelawan yang membantu kelancaran lalu lintas, hal ini dapat bermanfaat untuk membantu petugas dalam mengatasi masalah kemacetan. Kenapa? Jika saja langkah-langkah atau solusi yang tadi disebutkan sudah di terapkan dan di berikan sanksi atau hukuman bagi yang melanggar dan kemudian tidak adanya kesadaran pengguna jalan untuk mematuhi peraturan tersebut akan sangat sia-sia. Oleh karena itu maka para sukarelawan ini akan sangat bermanfaat untuk membantu petugas dalam menerapkan sistem tersebut dengan cara melaporkan atau bahkan menegur pelaku pelanggaran tersebut dengan tujuan memberikan efek jera karena akan ada sanksi hukum atas pelanggaran tersebut.
Mungkin itu saja dari beberapa langkah-langkah atau solusi untuk mengurangi atau menghindari kemacetan yang dapat saya sampaikan.
Makalah presentasi tentang kemacetan di jakarta ini sebagian sumber referensi nya saya dapatkan dari google.com, wikipedia.org, dan blog nya tyadewipamungkas.blogspot.com.
Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, lebih dan kurang nya saya mohon maaf.
Atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada saya, saya ucapkan terima kasih.
Singkat dan sederhana yah, hehehehe... tapi semoga ini bermanfaat.

Untuk Contoh file nya bisa dilihat disini :
- File Power Point (PPT)===> Makalah Kemacetan dijakarta
- Text Lengkap Makalah ===> Text Lengkap Makalah
- Cara Presentasi ===> Cara Presentasi
Judul : Makalah : Kemacetan yang terjadi dijakarta
Deskripsi : assalamu'alaikum, sudah lama ga nulis nih... iseng-iseng pingin nulis tentang makalah, walaupun judul nya basi, tapi semoga bermanfaa...
Ditulis Oleh :
Author Rating :
4/ 5 Suara

zulfianto

Nama : ZULFIANTO

Adalah Seorang IT Konsultan. di ( ELQO Media Creative ) dan anak ke-4 dari seorang ibu dan ayah yang tegas dalam mendidik kami anak-anak nya. sehingga menjadikan saya seorang yang mandiri dalam hidup, berusaha untuk tidak menyusahkan orang lain dalam sehari-hari. Lahir di :
Pekanbaru, Riau
Indonesia
Follow : zulfianto @ | |

0 comments:

Post a Comment

Jika Artikel ini bermanfaat Komentar nya doonggg.

Mohon dengan menggunakan bahasa yang enak dibaca :)